بسم الله الرحمن الرحيم
Ini adalah tugas pertama dalam kuliahku. Materi baru yang aku kenal, padahal sering aku pakai dalam kehidupan sehari-hari. Materi ini tentang JAVA....
Sekarang dapat dech tugas dari Bu Mala, di suruh nyari tuch yang namanya Java; konsep OOP dan penerapan OOP di Java... Kata Bu Mala, ini pernah di pelajari di semester yang lalu....
"Sayangnya aku jarang masuk di semester lalu, bisa di bilang ga pernah masuk kuliah. Karena ngurus proyek hotel di Serpong..."
"Tapi semester ini aku dah ber-azzam akan membayar semua nilai-nilai E & D di semester yang lalu...."
Berikut ini penjelasan yang dapat disampaikan tentang tugas yang diberikan setelah ngubek-ngubek mbah Google hari kemarin.... Sedikit ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)
Kata Program atau Pemrograman mungkin tak asing didengar oleh teman-teman yang berkecimpung di dunia IT atau pun bagi teman-teman yang di luar dari dunia IT. Apa sich program itu dan apa bedanya dengan pemrograman??
Definisi dari program adalah suatu bentuk aplikasi atau yang biasa disebut dengan software yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman & dapat menyelesaikan suatu tugas, fungsi, atau pun perhitungan dengan menggunakan komputer. Bahasa pemrograman adalah kumpulan perintah-perintah yang dimengerti komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Sedangkan pemrograman atau programming merupakan teknik untuk membuat suatu program dengan menggunakan bahasa pemrograman.
Pemrograman Berorientasi Objek atau Object Oriented Programming yang biasa dikenal OOP, merupakan teknik membuat suatu program berdasarkan objek. Pemahaman yang mudahnya seperti ini, contoh: Meja, Kursi, Jam dinding, dan lain sebagainya adalah merupakan contoh objek yang berada di dalam ruangan. Ruangan jika kita lihat dari sebuah rumah bisa juga dikategorikan sebuah objek dan rumah jika dilihat dari cara pandang yang lebih luas lagi, juga merupakan objek. Jadi, sebuah objek merupakan suatu bentuk atau model yang tergantung dari cara pandang objek dimaksud.
Meja, Kursi, Jam Dinding ada dalam sebuah Ruangan. Ruang A, Ruang B, dan Ruang yg lain berada dalam sebuah Rumah. Rumah 1, Rumah 2 dan Rumah yang lain juga berada didalam suatu tempat yang lebih luas yaitu Bumi, dst.
Dan bukan tidak mungkin didalam Objek Jam Dinding terdapat objek-objek yang lain yang lebih kecil misalnya Batterai, Gear, dll. Cara pandang kita dari sebuah Ruangan, Rumah atau Bumi merupakan Class apabila kita melihatnya dalam Pemrograman.
Huft.... Panjang juga jelasinnya, dah kaya dosen aja.... (aamiin)
Setiap objek memiliki Atribut dan Method. Atribut adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik objek. Seperti Tipe, Model, Pintunya, Kusennya menggunakan kayu apa?, Warna Catnya, merupakan salah satu atribut dari Rumah. Sedangkan Method dari Rumah adalah dapat melindungi dari panas, hujan, angin. Jadi Method merupakan Fungsi atau segala sesuatu yang dapat dilakukan Objek. Tanpa harus berteori lagi, kita coba langsung pemahaman tentang Objek dalam Pemrograman dan untuk Bahasa Pemrogramannya saya menggunakan Java. Mengapa Java? Karena pengelolaan Objek didalam Java lebih mudah dipahami.
Akhirnya... sampai juga ke inti masalah :D
Alat pendukung / tools yang diperlukan dalam pemrograman Java harus sudah ter-install, apabila belum ada disa di-download, yang diperlukan Compiler Java (download di sini) dan sebuah text editor (saya menggunakan NetBeans IDE 7.2) download di sini.
Ketik listing code berikut di NetBeans yang sudah terinstal di komputer....
Jika sudah berhasil, maka silakan di Compile dengan menekan tombol Alt+F6, setelah tidak ada kesalahan dalam listing, silakan di Running dengan menekan tombol F6.
Dan hasilnya seperti di bawah ini:
Bersambung kesini...
Kata Program atau Pemrograman mungkin tak asing didengar oleh teman-teman yang berkecimpung di dunia IT atau pun bagi teman-teman yang di luar dari dunia IT. Apa sich program itu dan apa bedanya dengan pemrograman??
Definisi dari program adalah suatu bentuk aplikasi atau yang biasa disebut dengan software yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman & dapat menyelesaikan suatu tugas, fungsi, atau pun perhitungan dengan menggunakan komputer. Bahasa pemrograman adalah kumpulan perintah-perintah yang dimengerti komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Sedangkan pemrograman atau programming merupakan teknik untuk membuat suatu program dengan menggunakan bahasa pemrograman.
Bagan Sistem Komputer |
Contoh Bahasa Pemrograman |
Pemrograman Berorientasi Objek atau Object Oriented Programming yang biasa dikenal OOP, merupakan teknik membuat suatu program berdasarkan objek. Pemahaman yang mudahnya seperti ini, contoh: Meja, Kursi, Jam dinding, dan lain sebagainya adalah merupakan contoh objek yang berada di dalam ruangan. Ruangan jika kita lihat dari sebuah rumah bisa juga dikategorikan sebuah objek dan rumah jika dilihat dari cara pandang yang lebih luas lagi, juga merupakan objek. Jadi, sebuah objek merupakan suatu bentuk atau model yang tergantung dari cara pandang objek dimaksud.
Meja, Kursi, Jam Dinding ada dalam sebuah Ruangan. Ruang A, Ruang B, dan Ruang yg lain berada dalam sebuah Rumah. Rumah 1, Rumah 2 dan Rumah yang lain juga berada didalam suatu tempat yang lebih luas yaitu Bumi, dst.
Dan bukan tidak mungkin didalam Objek Jam Dinding terdapat objek-objek yang lain yang lebih kecil misalnya Batterai, Gear, dll. Cara pandang kita dari sebuah Ruangan, Rumah atau Bumi merupakan Class apabila kita melihatnya dalam Pemrograman.
Class & Objek |
Huft.... Panjang juga jelasinnya, dah kaya dosen aja.... (aamiin)
Setiap objek memiliki Atribut dan Method. Atribut adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik objek. Seperti Tipe, Model, Pintunya, Kusennya menggunakan kayu apa?, Warna Catnya, merupakan salah satu atribut dari Rumah. Sedangkan Method dari Rumah adalah dapat melindungi dari panas, hujan, angin. Jadi Method merupakan Fungsi atau segala sesuatu yang dapat dilakukan Objek. Tanpa harus berteori lagi, kita coba langsung pemahaman tentang Objek dalam Pemrograman dan untuk Bahasa Pemrogramannya saya menggunakan Java. Mengapa Java? Karena pengelolaan Objek didalam Java lebih mudah dipahami.
Akhirnya... sampai juga ke inti masalah :D
Alat pendukung / tools yang diperlukan dalam pemrograman Java harus sudah ter-install, apabila belum ada disa di-download, yang diperlukan Compiler Java (download di sini) dan sebuah text editor (saya menggunakan NetBeans IDE 7.2) download di sini.
Ketik listing code berikut di NetBeans yang sudah terinstal di komputer....
Jika sudah berhasil, maka silakan di Compile dengan menekan tombol Alt+F6, setelah tidak ada kesalahan dalam listing, silakan di Running dengan menekan tombol F6.
Dan hasilnya seperti di bawah ini:
Listing Code, Compile & Running |
Bersambung kesini...
kita juga punya nih artikel mengenai 'object oriented programming', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/629/1/B93-99_Melani_S.pdf
ReplyDeleteterimakasih